Antisipasi Penularan Covid-19, Kejari Karo Gelar Rapid Test Para Tahanan

Betawipos.com, Karo – Untuk mengantisipasi penularan dan pencegahan wabah Covid-19. Kejaksaan Negeri Karo melakukan Rapid Test kepada tahanan. Rapid test tersebut dilakukan di sel sementara Polres Tanah Karo, sebelum dikirim ke Rumah Tahan Klas IIB Kabanjahe.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Karo, Denny Ahcmad, dalam pemeriksaan para tahanan tersebut, sebanyak 30 tahanan Tahap II dilakukan Rapid Test, sebelum dikirim ke Rutan Klas IIB Kabanjahe guna untuk mengantisipasi penularan dan pencegahan Covid-19, Rabu (2/9/2020).

“Hari ini kita lakukan Rapid Tes pada tahanan yang sudah Tahap II. Rapid Tes ini dilakukan atas perintah pimpinan dan Kemenkumham RI, bagi tahanan yang akan dikirim ke Rutan harus terlebih dahulu di cek kesehatannya,” kata Denny Via Aplikasi WhatsApp kepada wartawan Betawipos, Rabu (2/9).

Lebih lanjut Denny mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan karena sel tahanan sementara di Polres Tanah Karo sudah penuh, dari hasil Rapid Test tersebut menyatakan keseluruhan tahanan tidak ada terpapar Covid-19 atau Non Reaktif. 

“Ini dilakukan karena sel tahanan sementara Polres Karo sudah over kapasitas, sehingga kita mengirimkannya ke Rutan dan hasil dari rapid tadi Alhamdullilah semua tahanan non reaktif artinya semua tahanan yang diperiksa Negatif,” ujar Denny.

Denny menjelaskan, pemeriksaan tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan dan bertahap, pemeriksaan Rapid Tes ini untuk memastikan kondisi kesehatan tahanan, dikarenakan Rutan merupakan tempat berkumpulnya massa yang memungkinkan tingkat penyebaran Covid-19 yang sangat tinggi.

“Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran dan penularan Covid-19, kita tahu Rutan itu tempat orang banyak. Jadi, jika ada Satu saja tahanan yang terindikasi terkena Covid-19, maka bisa jadi ratusan orang yang berada didalam rutan akan terjangkit juga dan inilah cara pencegahan yang kita lakukan ,” jelasnya. (Acil).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *