Cegah Penyalahgunaan Narkotika, Kejari Karo Gelar Tes Urine Seluruh Jajarannya

Betawipos, Karo – Kejaksaan Negeri (Kejari) Karo, secara mendadak melakukan tes urine ke seluruh pegawai dan honorer yang bekerja di Kantor Kejari Karo guna mencegah adanya petugas di jajaran Kejari Karo yang terindikasi melakukan penyalahgunaan narkoba, pada  Kamis (22/10/2020).

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Karo, Denny Achmad, melalui Kepala Seksi Intel (Kastel) Kejari Karo, Ifhan Taufik Lubis, untuk pengetesan test urine tersebut pihaknya bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karo, pengetesan ini dilakukan sebagai deteksi dini untuk mencegah adanya penyalahgunaan narkoba di lingkungan Kejari Karo.

“Tujuan dilakukannya tes urine tersebut guna untuk mengetahui dan mendeteksi secara dini apakah ada penyalahgunaan narkoba di lingkungan Kejari Karo,” tutur Ifhan kepada Betawipos melalui Aplikasi Whats App (22/10).

Ifhan menjelaskan, program pendeteksian ini merupakan arahan langsung dari Kejaksaan Agung (Kejagung) selaku pimpinan di tingkat pusat, kegiatan ini nantinya juga akan dilakukan secara rutin dan berkelanjutan untuk mencegah adanya pegawai yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

“Ini merupakan program dari Kejagung untuk seluruh satuan kerja, mulai dari Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri untuk melakukan test urine seluruh pegawai. Program ini akan dilakukan secara berkelanjutan,” terangnya.

Ifhan mengatakan, untuk di lingkungan Kejari Karo ada sekitar 80 orang yang mengikuti tes mulai dari pegawai hingga honorer, semua pegawai mulai dari pimpinan seperti Kajari hingga jajarannya diwajibkan untuk dilakukan pemeriksaan.

“Pada proses pengambilan sampel urine ini, seluruh pegawai juga diwajibkan untuk menjalani protokol kesehatan. Mulai dilakukan pengecekan suhu tubuh, hingga diwajibkan mencuci tangan dan menggunakan masker,” ucapnya.

Ifhan menambahkan, Saat dilakukan pemeriksaan, seluruh petugas diminta antri untuk bergantian diambil sampelnya. Setelah dilakukan pengetesan, seluruh pegawai maupun honorer di lingkungan Kejari Karo mendapat hasil negatif dari penggunaan berbagai macam jenis narkotika.  (Acil).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *