Dakwaan Virtual, Pendukung Rizieq Shihab Janji Ke Persidangan

Betawipos, Jakarta – Pimpinan Front Pembela Islam, Muhammad Rizieq Shihab akan menjalani sidang perdana secara online, di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (16/03/21). Meski terdakwa kasus kerumunan itu disidangkan dari tahanan, namun aparat keamanan tetap diturunkan untuk mengantisipasi kedatangan massa pendukungnya di PN Jaktim.

Demikian dikatakan Alex Adam Faisal, humas PN Jaktim, yang dihubungi Betawipos. Menurutnya, Rizieq Shihab dan kawan-kawan akan mulai menjalani persidangan sejak pukul 9 pagi. Mereka akan menjalani persidangan dari dalam tahanan. Hanya Direktur RS Ummi, Andi Tatat yang tidak menjalani penahanan saja yang akan menghadiri sidang di PN Jaktim.

“Sesuai jadwal dimulai pukul 9 pagi. Majelis hakim sudah mengeluarkan penetapan sidangnya secara online. Kecuali atas nama Dir RS Ummi, karena tidak ditahan dia harus hadir di persidangan. Yang lain terdakwa di tempat mereka ditahan,” kata Alex seperti disampaikan Betawipos.

Dirinya menjelaskan, dalam persidangan secara virtual ini nantinya akan ada pengacara dan jaksa penuntut umum yang berada di persidangan. Demikian juga jaksa dan pengacara yang mendampingi terdakwa di tahanan.

“HRS di Mabes Polri dengan yang lain. Pengacara nanti hadir di persidangan, jaksanya juga hadir dan di tempat tahanan juga didampingi pengacara dan jaksanya,” paparnya.

Sementara menyangkut permintaan pengacara agar Rizieq Shihab dihadirkan di persidangan, menurut Alex permintaan itu bisa diajukan ke persidangan berikut. Pengacara juga bisa menyampaikan eksepsi atau nota keberatan.

“Ini kan baru sidang pertama dan sudah dikeluarkan penetapan. Silakan saja nanti mengajukan keberatan, eksepsi terhadap yang sudah ditetapkan. Tapi kan ini istilahnya belum ketemu, baru perkenalan. Jadi untuk pertama ini sidangnya secara virtual selanjutnya mengajukan keberatan atau eksepsi hakim kan belum tau besoknya,” paparnya.

Persidangan virtual dengan pengamanan ketat

Meski persidangan Rizieq Shihab bakal digelar secara virtual, aparat keamanan juga sudah disiagakan untuk mengamankan jalannya persidangan.

“Perkara semuanya sama tidak ada perbedaan. Tapi kalo ada perkara yang memang memerlukan pengamanan yang lebih banyak, lebih dalam ya dikoordinasikan dengan pihak keamanan. Dalam hal ini polri,” ujarnya.

Sekitar 400 hingga 500 personil polri akan diturunkan pada persidangan nanti. Penempatan personil ini berdasarkan hasil rapat persiapan Polda Metro Jaya yang juga dihadiri sekertaris pengadilan.

Semua satuan juga sudah ditugaskan memantau lokasi persidangan. mereka yang sudah melakukan monitoring antara lain satuan lalu lintas, satuan intelijen, satuan reskrim dan satuan dalmas, Bahkan Kapolres Jakarta Timur dan Dandim lagsung melihat TKP di pengadilan.

“Kalo penjelasan Kapolres, itu kurang lebih 400 – 500 lah. Itu dari Polres Jaktim semua dibantu dari Polsek-Polsek. Dan mungkin besok itu ada 2 pengamanan, untuk pemantauan sidang dan juga untuk kerumunan. Mungkin juga di situ juga menyediakan rapid tes juga,” pungkasnya.

Sebelumnya, para pendukung Rizieq Shihab berencana menghadiri persidangan. Akibatnya, pengacara Rizieq Shihab meminta hakim menghadirkan kliennya untuk mendinginkan suasana red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *