April 6, 2020

Jacksen F Tiago Bakal CLBK Dengan Persipura Jayapura?

Akankah mantan pelatih Persipura, Jacksen F Tiago bakal balik kucing?

Betawipos.com- Jayapura – Pelatih berkebangsaan Brazil, Jacksen F Tiago kabarnya bakal kembali melatih kesebelasan Persipura Jayapura. Apalagi setelah manajemen Persipura menyudahi kerjasama dengan pelatih Luciano Leandro.

Benarkah kabar tersebut? Begini tanggapan manajemen Persipura Jayapura.

Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano, kepada wartawan membenarkan jika pihaknya sudah melakukan pendekatan dengan Jacksen saat dirinya berada di Malang. Bak gayung bersambut, dalam pertemuan tersebut pelatih kelahiran Rio de Janeiro, 28 Mei 1968 ini bersedia melatih Persipura kembali.

“Ya, waktu kami di Malang, kami sudah melakukan pendekatan dengan Jacksen untuk menjadi pelatih di Persipura. Dan Jacksen pun bersedia melatih Persipura,” kata Benhur, di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (9/7/2019).

BTM menyebut, meski pendekatan sudah dilakukan, namun pihak manajemen belum menyodorkan kontrak pada Jacksen. Alasannya, Jacksen masih harus mendapat ijin resmi dari pihak Barito Putra karena namanya masih tercatat sebagai pelatih tim tersebut.

Ketum Persipura berharap masyarakat Papua, dan pecinta Persipura untuk bersabar sembari menunggu proses yang sedang berjalan berdasarkan regulasi PSSI. Dan menjaga privasi dari Jacksen sendiri,” ujar Benhur.

Sebelumnya, suporter militan Persipura, Ultras Blackpearl Curva Nord (BCN) 1963 menyampaikan dukungannya agar Persipura membawa pulang mantan pelatih tersebut. Pasalnya, Jacksen berhasil mengibarkan prestasi Persipura di kancah persepakbolaan tanah air semasa kepemimpinannya.

“Kalau Jacksen bisa menjawab keraguan semua masyarakat Papua dan membawa kembali kejayaan itu ke tanah Papua kenapa tidak? Karena JFT sudah paham betul karakter anak-anak Papua. Tetapi semua kami kembalikan ke menajemen, mungkin saja 2019 bisa CLBK lagi,” ujar Koordinator Ultras BCN 1963, Chapo Angky.

Jacksen sebelumnya menandatangani kontrak untuk kesepakatan melatih Persipura Jayapura. Selama kepemimpinannya, Persipura pernah meraih tiga gelar Liga Super Indonesia di musim 2008-09, 2010-11, dan 2012-2013.

Pada bulan Maret 2013, Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) meminta Jacksen untuk menjadi asisten pelatih tim nasional Indonesia dalam menghadapi Arab Saudi pada babak Kualifikasi Piala Asia AFC 2015. Setelah itu pada bulan April ia resmi ditunjuk PSSI sebagai pelatih kepala timnas Indonesia. RM