Jelang Sidang Habib Rizieq, Pengamanan PN Jaktim Masih Normal

Betawipos, Jakarta – Kondisi pengamanan Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) masih berjalan normal menyusul rencana persidangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab alias MR yang bakal segera digelar di sana. Hal itu menyusul belum diterimanya pelimpahan berkas perkara yang bersangkutan.

Demikian dikatakan Humas PN Jaktim, Alex Adam Faisal SH yang dihubungi Betawipos di Jakarta, Kamis (04/03/21). Menurut Alex, pihaknya menganggap semua perkara yang akan disidangkan adalah sama. Tidak ada yang dibedakan, apakah itu tokoh agama maupun masyarakat biasa.

“Bagi kita semua perkara itu sama. Kita tidak membeda-bedakan dan tidak ada perlakuan khusus. Kalo (berkas perkara) dia masuk, dicatat dan diserahkan pak Ketua (PN Jaktim). Nanti pak Ketua yang akan menunjuknya. Kewenangan dialah ya, majelis hakimnya siapa yang menyidangkan,” papar Alex.

Sementara terkait pengamanan persidangan nantinya, kata Alex, umumnya pihak Jaksa Penuntut Umum akan berkoordinasi dengan aparat keamanan menjelang persidangan. Hal itu mengingat MR merupakan tokoh agama dengan massa pengikut yang banyak.

“Mungkin pengamanan-pengamanan kan biasanya JPU sudah melihat dari jauh hari sebelum persidangan mereka sudah koordinasi. Kalau dari kita belum ada,” katanya.

Namun hingga kini, lanjutnya, PN Jaktim belum menerima pelimpahan berkas dari Kejaksaan. Dirinya menengarai, ketiga Kejaksaan Negeri yang menerima berkas perkara MR tengah melakukan koordinasi menyusul penggabungan tiga berkas perkaranya.

“Karena ini belum dilimpahkan. Kalau sudah dilimpahkan biasanya ada dari Kepolisian, dari Intel, dari Kejaksaan akan merapat ke sini. Ya melihat persidangan, melihat tentang gedung, seperti itu. Dan juga menyiapkan prasarana dan keamanan pasukan. Tapi sekarang ini belum. Ya belum juga mereka merapat,” sambungnya.

Alex menambahkan, kemungkinan pelimpahan berkasnya akan sampai ke PN Jaktim pada pekan depan. Karena ketiga Kejari masih melakukan sinkronisasi mengingat pasal yang dipersangkakan masing-masing berbeda.

“Disini kan ada Kejaksaan Cibinong, ada kejaksaan juga dari Jakarta Barat dan juga dari Bogor. Mungkin tiga ini mungkin koordinasi beda-beda pasalnya. Biasanya habis rilis itu seminggu,” katanya.

Alex berjanji akan menginformasikan lebih lanjut jika berkas tersebut sudah dilimpahkan ke PN Jaktim

“Segera. Kalau ini sudah diumumkan oleh Kejagung biasanya Kasipidum itu melaporkan. Tapi ini belum ada. Nanti kita beritahu deh,” pungkasnya. red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *