Tue. Jul 7th, 2020

Operasi Zebra, Polisi Gelar Sidang di Tempat

2 min read

Betawipos, Jakarta – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Barat, menggelar sidang di tempat, terkait pelaksanaan Operasi Zebra Jaya 2019 di Pos Polisi Tomang, Jakarta Barat. Sidang di tempat itu untuk mempermudah pelanggar dalam mengurus perkaranya.

Dalam melaksanakan sidang di tempat, polisi melibatkan unsur Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kejaksaan Negeri Jakarta Barat. Selain itu, Bank BRI dan Badan Pendapatan Retrebusi Daerah Jakarta Barat juga diikutsertakan.

“Untuk kegitan Operasi Zebra hari ini, kita melaksanakan sidang di tempat. Alasan kenapa diadakan sidang di tempat, ini untuk membantu masyarakat mempercepat proses perkaranya. Tidak harus datang ke pengadilan, tapi kita lakukan sidang di tempat,” ujar Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Barat Kompol Hari Admoko, di Pos Polisi Tomang, Jakarta Barat, Jumat (1/11).

Hari menerangkan, dalam giat kali ini sebanyak 48 pengendara roda dua dan roda empat terjaring razia karena melakukan pelanggaran lalulintas. Pelanggaran mereka umumnya terkait administrasi kendaraan yang tidak beres.

“Rata-rata tidak punya SIM. STNK ada yang mat, tidak bayar pajak. Sampai sekarang 48 pelanggar yang sudah kita tilang. Ini (di Tomang) khusus wilayah Jakarta Barat. Kita sampaikan kepada pelanggar bisa sidang hari ini atau tidak. Jadi tidak kita paksakan dia melakukan pelanggaran hari ini, kita tilang harus sidang hari ini, tidak. Kita tawarkan bisa sidang hari ini, kita laksanakan,” jelasnya pada media termasuk Betawipos.

Selain itu, petugas juga menyiapkan bus pajak STNK keliling, untuk pelanggar yang kedapatan tidak memperpanjang pajak kendaraan bermotor( PKB). Pasalnya, mereka melanggar Pasal 288 ayat 1 dengan hukuman pidana 2 bulan atau denda Rp 500.000.

“Mereka akan kita tawarkan akan ditilang atau bayar pajak,” ujarnya.

Sementara Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar mengatakan, hari ini ada dua kegiatan sidang di tempat. Pertama di Pos Polisi Tomang, Jakarta Barat dan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

“Selama Operasi Zebra Jaya 2019, ini pertama kali. Tapi minggu depan juga ada beberapa Samsat wilayah dan jajaran Polres di wilayah DKI yang melaksanakan Operasi Zebra Jaya akan melakukan sidang di tempat,” katanya.

Mantan Kasie SIM Ditlantas Polda Metro Jaya ini mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi sidang tilang ditempat ini.

“Kita akan lihat kegiatan hari ini, nanti ini jadi bahan evaluasi, setelah di luar Operasi Zebra,” tandasnya.

Menurut Mamat warga Tomang, Jakarta Barat ini mengatakan, dirinya membayar Rp100 ribu karena melanggar tidak menyalakan lampu disiang hari.

” Saya ditilang dan bayar Rp 100 ribu, tadi waktu sidang,” katanya.

Retno pelanggar lainnya, mengaku ditilang karena tidak mengantongi SIM, “Bagus sih. Mempermudah. Saya nggak ada SIM. Iya menyesal, nanti diurus,” katanya.Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *