Pengamat Terorisme Sayangkan Kegagalan Polri Tangkap Terduga Teroris Hidup-Hidup

Betawipos, Jakarta – Kegagalan Polisi menangkap hidup-hidup terduga teroris ZA yang nekat beraksi di Mabes Polri sangat disayangkan sejumlah kalangan. Pasalnya, masyarakat akan makin meragukan Kepolisian RI atas proses hukum terduga teroris.

Pengamat Terorisme Harits Abu Ulya mempertanyakan langkah polisi yang tidak melumpuhkan pelaku terduga teroris, taoi justru menembak mati yang bersangkutan. Dengan begitu, terduga teroris tidak bisa diproses hukum untuk meyakinkan publik.

Haritz Abu Ulyam pengamat Community of Ideological Islamic Analyst

“Semestinya melumpuhkan. Kenapa ditembak mati,” kata Abu seperti dikutip Betawipos, Rabu (31/3).

Menurut pengamat Community of Ideological Islamic Analyst ini, tujuan perempuan yang nekat memasuki Mabes Polri juga dinilai aneh jika mau melakukan serangan dengan sasaran anggota polisi. Alasannya, tidak perlu repot masuk ke Mabes Polri karena banyak anggota polisi yang bisa menjadi sasaran di jalanan.

“Yang perlu dillihat kenapa teroris bisa masuk ke Mabes Polri yang memiliki safety (pengamanan). Jadi ini aneh. Ini gerak-geriknya seperti tidak paham,” jelas Abu.

Dirinya menambahkan, keterlibatan perempuan dalam jaringan terorisme memiliki banyak faktor. Bisa jadi keterlibatannya karena salah pilih pengajian atau balas dendam setelah orangtua, anak atau suaminya menjadi korban aparat keamanan.

“Kalau terorisme tentunya ada kaitannya. Apakah terkait anaknya (pernah menjadi korban) atau menjadi janda setelah suaminya tewas,” pungkas Abu.

Sebelumnya, Kapolri Listyo Sigit Prabowo menyebut, ZA masih berusia muda, yakni 25 tahun dan tidak tamat dalam menempuh kuliahnya. Kapolri juga menyebut jika warga Ciracas Jakarta Timur itu belum pernah berumahtangga.

ZA saat kejadian tiba-tiba mendatangi tempat penjagaan utama Mabes Polri Jalan Trunojoyo Nomor 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sekitar pukul 16.30 WIB.

Karena menodongkan senjata api kepada petugas, pelaku yang mengenakan hijab warna biru dan pakaian serba hitam ini tewas ditembak di lokasi. red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *