Betawipos, Pasuruan – Sedikitnya empat aktifis buruh pabrik air kemasan Flow menjadi korban tewas setelah ditabrak kendaraan perusahaan saat melakukan aksi mogok kerja. Selain itu, dikabarkan beberapa buruh PT. Sumber Bening Lestari (SBL) terluka dan masih di rawat di Rumah Sakit.

Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia mengutuk keras tindakan sewenang-wenang tersebut. Pasalnya, tindakan represif itu mirip dengan yang dilakukan di era orde baru dulu.

“Kami mengutuk keras dan meminta aparat mengusut tuntas apa motif dan dalang di balik itu. Buruh yang sedang berjuang harus kehilangan nyawa untuk memperjuangkan hak upah dan jaminan sosial kaum buruh,” kata Nining Elitos, Ketua Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia yang dihubungi Betawipos, Selasa (10/03/2020).

Menurut Nining, Kasbi bersolidaritas dan prihatin atas musibah kaum buruh yang sedang mogok. Pihaknya menyampaikan turut berbelasungkawa pada keluarga buruh yang ditinggalkan.

“Pengurus Pusat KASBI menyampaikan turut berduka cita mendalam atas meninggalnya 4 orang buruh PT SBL Pasuruan Jawa timur. Semoga almarhum mendapatkan tempat yang terbaik di Sisi Alloh SWT. Amin,” katanya.

Sebelumnya, Kasbi mendengar kabar buruk dari Pasuruan Jawa Timur atas meninggalnya 4 aktifis buruh anggota Serikat Buruh Lomenik KSBSI yang bekerja di PT SBL Pasuruan. Mereka meninggal dunia settelah ditabrak kendaraan di Posko mogok kerja mereka di depan lokasi perusahaan. Selain 4 korban tewas, beberapa orang luka-luka dan masih di rawat di Rumah Sakit.

“Sungguh sangat biadab, dan kejam pelaku peristiwa penabrakan para buruh tersebut,” ujar Nining.

Saat kejadian, para buruh sedang tidur di Posko Mogok kerja depan perusahaan. Mereka menuntut hak-hak normatif agar dijalankan pihak perusahaan, yaitu pembayaran upah sesuai SK UMK Kabupaten Pasuruan. Selain itu buruh juga menuntut pemberlakukan jaminan sosial kepada seluruh buruh perusahaan tersebut. Hingga berita ini diturunkan, belum ada klarifikasi pihak perusahaan PT SBL. Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *