Begini Peringatan Kemerdekaan RI ala Pecinta Alam dan Bonek

Betawipos, Sidoarjo –Beragam cara yang dilakukan kelompok masyarakat dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia. Seperti yang dilakukan Komunitas Pecinta Alam di Sidoarjo dengan giat bakti sosial, Selasa (17/8/2021). Jika umumnya mereka memperingati Kemerdekaan RI dengan pengibaran bendera merah putih di puncak gunung, karena pandemi Covid-19 peringatan itu dirayakan dengan aksi sosial ke masyarakat. Selain membagikan paket sembako dan penyemprotan disinfektan, mereka juga melakukan penanaman puluhan bibit pohon.

Mereka melakukan aksi sosial itu secara  sederhana, dengan  upacara bendera  di kecamatan Waru Sidoarjo bersama suporter bola Bonek.

Usai upacara, mereka spontan membagikan ratusan paket sembako berisi beras, mie instan dan minyak goreng bagi warga tidak mampu, khususnya terdampak pandemi.

Aksi sosial dilanjutkan penyemprotan desinfektan ke rumah ibadah, pasar dan rumah warga. Mereka juga menanam ratusan bibit pohon di lingkungan sekitar.

Kegiatan bakti sosial ini dilakukan di enam desa, yakni Desa Janti, Wedoro, Ngingas, Berbek, Tropodo dan Tambaksumur di kecamatan Waru Sidoarjo.

Ketua kegiatan, Muhammad Khoirudin mengatakan, dimasa pandemi dan pembatasan aktivitas di luar ruangan tak menyurutkan langkah untuk tetap peduli terhadap sesama.

“Peringatan kemerdekaan ke-76 RI ini sebagai wujud rasa cinta kita terhadap bangsa dan negara,” katanya seperti dikutip Betawipos.

“Sebagai warga negara yang menjunjung nilai persatuan, tentunya momentum kemerdekaan ini harus dijadikan sebagai moment saling peduli. Apalagi kita sama-sama tengah terdampak pandemi Covid-19,” tambahnya.

Sementara Zaenal Abidin, Kepala Desa Berbek Waru, mengapresiasi kegiatan para penggiat alam dan bonek itu. Ia berterima kasih dapat membantu warga sekitar dan sangat peduli dengan lingkungan.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, mereka menjadikan kemerdekaan RI sebagai ajang saling peduli dan mencintai sesama ditengah krisis pandemi Covid,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *